Belajar VB 6 (Membuat Zodiak)


Belajar Mengenal Visual Basic 6

LAPORAN AKHIR PRAKTIKUM

MATA PRAKTIKUM            : ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
KELAS                         : 1IA13
PRAKTIKUM KE-              : 6
TANGGAL                     : 25 APRIL 2012
MATERI                       : VB Perulangan Dan Percabangan
NPM                          : 54411827
NAMA                        : Muhammad Faris Al Fatih
NAMA KETUA ASISTEN      :
NAMA ASISTEN              :
PARAF ASISTEN              :
JUMLAH LEMBAR            :  9  LEMBAR




 



LABORATORIUM INFORMATIKA
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

BAB. 1
LISTING PROGRAM

() Comand Button 1

 


() Timer





 () Form









BAB. 2
Logika Program

1.               Analisa Program
Pada Program sebelumnya kita telah mengerjakan Program VB yang bertemakan “Kalkulator sederhana” yang terdiri dari (perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan), namun kali ini saya akan membuat sebuah program dengan menggunakan Visual Basic juga, atau biasa kita kenal dengan sebutan VB, tapi pada program ini kita membuat judul yang berbeda dengan nama “HOROSCOPE” atau biasa kita sebut zodiak . langsung saja, pada program kali ini saya akan membuat sebuah program percabangan menggunakan IF dan ELSE, yang berbentuk Horoscope dimana kita bisa mengetahui tanggal dan bulan lahir kita dengan program ini, apakah zodiac kita Taurus, capicorn, Dsb . Program ini kita menggabungkan beberapa  tools yang telah di sediakan pada VB, diantaranya : Timer         (  ), Label (  ), Command Button ( ), Option Button (), Text Box (), dan ComboBox () . yang masing-masing berjumlah (1 timer), (4 Label), (1Command Buttton), (2 Option Button), (1 TextBox), (2 Combo Box) . untuk lebih tau selanjutnya marilah baca pada penjelasan program dibawah ini .
2.               Penjelasan Program
Langkah Pertama untuk membuat “Horoscope” ini, bukalah VB yang telah terinstal, biasanya VB yang telah terinstal akan muncul pada start menu, klik sgambar : () , lalu pilih  “Standard Exe” ( ),  klik “open” lalu akan muncul sebuah form yang bertuliskan “FORM1” , lalu Selanjutnya baru kita mulai membuat (1 timer) untuk membuat  waktu dan tanggal sungguhan, (4 Label) yang masing-masing untuk membuat judul (Hosroscope), untuk menuliskan “result to horoscope”, untuk memberi nama yang di munculkan pada timer kita beri nama “date now and time” , (1Command Buttton) tuliskan “cek here”, yang berguna untuk memberi hasilnya yang akan di cetak dalam textbox , (2 Option Button) untuk memilih pria atau wanita, (1 TextBox) untuk menampilkan hasil horoscope kita, dan  (2 Combo Box) untuk memberi tanggal dari tanggal 1-31, dan memberi bulan dari january hingga December dan saya akan menambahkan kata (none), pada combo box tersebut masing-masing kita beri nama (Date and Month) . untuk ;ebih jelasnya lihat pada listing program “FORM” .
            Setelah kita mengikuti langkah-langkah di atas, barulah kita masuk untuk memberi kodingan pada masing2 tools tersebut, pertama kita buat data pada masing-masing combobox, yang telah di beri nama “Date”, kita isikan pada properties dalam combobox tersebut, kita mengisikan tanggal 1-31 dan saya memasukkan angka 0 sebagai kesalahan data nantinya . begitu pula dengan combobox yang saya beri nama “month” kita isikan data dari bulan January-December, saya juga menambahkan kata (none) pada combo box “month” untuk menampilkan kesalahan data, dan bisa kita edit sesuai keinginan kita juga , bisa kita lihat pada gambar di samping : yang saya beri lingkaran merah di situ tempat kita mengisikan semua data tanggal dan bulannya . setelah itu kita klik 2 kali pada command buttonnya, lalu ketikan kodingan seperti pada gambar “listing program” command button diatas, setelah kodingan selesai barulah kita mengerjakan kodingan pada timer-nya agar waktu dan tanggal bisa jalan dengan aslinya, kodingannya bisa lihat pada “listing program” TIMER sebelumnya . setelah timer selesai di koding, untuk menampilkan tanggal dan waktu pada Timer-nya, kita mengisikan data pada kata “interval” yang terdapat dalam properties, pada yang berjalan setiap satu detik (1000 mili detik). ubahlah Interval-nya diisi 1000 pada “properties-timer1”, contoh gambar :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7hW8Z2GPFMYwbA3vPbxTPlsRmc8zGWRU_d_NMwHqkUHhqO-r0B2POcIA9N97FxJWjtnAajYJcsKZBbfx7Z6kGEDBAr7zFonXNgut7QjPlf-TEKX-aTkYUWpw6qY73vq_hkPbJxy4Tsx8/s200/image005.png. Jika sudah dirubah dan di run maka akan menampilkan hasil seperti gambar di bawah ini .
Oval Callout: Timer-nya akan berjalan sendiri            Tapi pada label, optionbutton, dan textbox tidak perlu di beri kodingan, karna itu tidak mempengaruhi semuanya . namun kita bisa menghias atau mengedit semuanya agar tampak indah, kalian bisa melihat output programnya di bawah ini setelah kalian mengkoding pada timer, command button dengan benar . dan menghias formnya untuk lebih tampak indah .
BAB. 3

Output

Frame


Jika Program yang kita buat sudah jadi dan benar kodingannya, maka dapat kita running dengan  menekan Tulisan “RUN”  di toolbar standar pada VB-nya atau menekan F5 pada keyboard, gambar
 (                ) . gambar dibawah ini adaah gambar dimana program setelah kita RUN akan tampak seperti ini :























() Option button

Jika di pilih Option Button pria (optionbutton1), akan menampilkan hasil seperti ini, begitu pun dengan jika kita memilih pada option button “wanita” :
























() Combo box dan command button

Jika kita memilih Date (Combo Box1), Month (Combo Box2) dengan tanggal lahir kita, misalkan tanggal dan bulan lahir kita 06 may, dan kita meng-klik pada command button yang bertulisakan “cek here” maka akan keluar tampilan  zodiac kita pada tools textbox, hasil bisa kalian lihat di bawah ini :







Hasil yang berbeda akan kita dapat jika kita memasukkan Date-nya “0” dan month-nya “none” maka output yang akan di tampilkan seperti gambar di bawah ini :











Sama halnya seperti gambar di bawah ini, saya hanya menginputkan angka 03 pada “Date” dan tulisan none pada “month” maka akan menampilkan hasil output seperti gambar dibawah ini :























Sekian yang saya bisa jelaskan mengenai membuat program “HOROSCOPE” ini, bila ada kekurangan mohon di maklumkan, semoga bermanfaat... makasih.. :D


Download Program VB 6 ( Zodiak ) : Disini 

Download VB 6 : Disini
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
3:34 PM Delete

itu kode pertamanya apa

Reply
avatar

Silahkan beri komentar SPAM sobat :))

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, dan link Error harap hubungi admin dalam kotak komentar atau Contact Us yang tersedia.

Terima kasih sudah mampir ^^ EmoticonEmoticon