Perjuangan 10 Bulan Yang Penuh Harapan Part 2


Gua cuma di interview sekali abis itu DONE!! Pernah gua diinterview sampe interview user, dan itupun salah satu frencais waralaba  tepatnya di cakung. Gua lupa ini gua di panggil interview dari acara jobfair mana atau situs mana, karna sudah kebanyakan lamaran gua apply di situs ataupun acara tersebut.

Yaps, gua sampe kecakung hanya untuk sekedar interview, lu bisa bayangkan kecakung naek motor pada saat itu gua sama sahabat gua yani, kebetulan dia juga ikut daftar pada saat itu, dan kebetulan dia pun ikut kepanggil interview.

Gua pada saat itu bener-bener uang cekak, harus kecakung naek motor, dan alhasil gua minta sama ortu gua doong, lu bisa bayangkan betapa malunya gua ketika gua masih minta sama ortu gua padahal pada saat itu gua udah lulus kuliah ? hmm...

Gua udah panggilan interview kemana-mana selama  7 bulan terakhir itu, mulai dari yang terdekat di depok 2, sampe ke bekasi. Yaps yang di cakung itu masih deket, yang lebih jauhnya di bekasi, Cuma yang di bekasi ini gua lupa perusahaan apaan itu yang pasti gua kesana naek kereta dan abis itu naek ojol bolak balik.

Dan gua ga bisa bayangkan berapa rupiah uang yang ortu gua keluarkan hanya untuk gua datang interview kesana kemari untuk melamar pekerjaan, tapi... perjuangan gua sebenernya blom berakhir...

Hingga... tak terasa sudah di bulan juni sampai pada saat itu pekerjaan buat gua tak kunjung datang. Yaps 9 bulan lamanya adalah bulan yang gua ga akan lupain begitu saja, itu adalah bulan dimana gua setelah lulus menjadi seorang pengangguran yang malu bertemu dengan para sahabat.

            Pada bulan-bulan itu juga perjuangan seorang diri gua harus terus dilanjutkan, dan mental gua harus terus di pacu. Pada bulan-bulan dan tahun-tahun itu gua masih saja sibuk mencari pekerjaan, dari gua lulus akhir 2015, sampe bulan juni 2016 pekerjaan belum saja menghampiri gua. Sedih ? yang gua tau harus terus berjuang.

            Melamar pekerjaan kesana kemari ternyata bukanlah hal yang mudah, gua baru sadar itu. Gua inget dulu gua pernah menanyai orang seperti ini “sudah lulus kuliah bang ? sekarang kerja dimana bang ?” ternyata jawaban orang itu masih belum kerja, gua inget-inget lagi raut wajahnya langsung agak berubah.

Dan sialnya, gua inget gua pernah ngomong kaya gini ketemen gua “ngelamar pekerjaan mulu lu bro, kaga diterima-terima”. Untungnya temen gua tau gua bercanda, Cuma gua ga tau apa yang ada di dalam hatinya, apa mungkin dia nyumpahin gua sampe gua kaya gini ? yaa, itu hanya pikiran jelek gua, gua yakin teme-teme gua ga sejahat itu ketemennya.

SHIIIITTT MANN!! Saat itulah kata-kata yang sebelumnya pernah gua keluarkan dari mulut gua, sekarang itu sangat sakit gua dengar ketika orang lain menanyai itu ke gua. Selama beberapa bulan gua menjadi pengangguran tentu sedih banget, gua sempet berpikir apakah selama itu gua belum dapet kerjaan akibat balesan dari apa omongan gua terdahulu.

Sekitar bulan mei setelah gua ngomong kaya gitu gua akhirnya memberanikan diri untuk bertemu dengannya, Cuma dia yang gua berani buat ketemu dan jujur gua sampe minta maaf sama temen gua yang gua bilang kaya tadi, suueeenya temen gua cuma ketawa ngakak, ketika gua minta maaf tentang omongan gua yang lalu, alhasil malah jadi becandaan. Gua ga akan pernah lupa sama lu yo...sampe sekarang...

Berbincang-bincanglah gua dengan sohib gua itu, singkat cerita sohib gua itu nawarin gua gawean jadi IT Quality Control di tempatnya kerja kaya sama dia jobdesknya, tapi dia ga bisa menjanjikan apa-apa, gua bilang ga apa apa, ngapain juga gua berharep dia bantuin gua, toh juga udah di tawarin gua udah makasih banget, lagian juga dia baru kerja juga disitu, kalo ga salah baru 3 bulan.

Lokasinya di salah satu perumahan besar di daerah Pasar Santa Jakarta sana. Gua inget gua jauh-jauh dateng kesana sendiri buat interview, jarang jalan kejakarta, alhasil gua pun nyasar parah.

Singkat cerita, di perusahaan ini gua pun ga diterima coyy. Gua ngelamar bagian IT Networking alias IT Jaringan ternyata. Ternyata yang lagi di butuhin di perusahaan tersebut IT Networking, bukan Quality Control, yaa ga ada salahnya juga temen gua salah kasih informasi, dan... gua ga di terima lagi.

Sempet gua bertanya-tanya pada diri gua sendiri, kenapa gua sampe ga diterima juga disini ? dan temen gua bisa masuk di perusahaan itu ? masa iya gua sampa sebodoh tu ?

3 minggu kemudian setelah gua abis interview di tempat kerjanya, gua pun ketemu sama sohib gua yang kerja diperusahaan itu, dan dia tanya ke gua lu di terima atau engga broh?”akhirnya gua jawab “enggak brooh” dan dari sini gua tau kenapa gua ga dibolehin sama ALLAH buat kerja disitu.

Akhirnya sohib gua cerita tentang temennya yang udah keterima kerja di perusahaan tersebut sebagai IT Networking, dia bilang IT Networking itu kerjanya Shift-Shiftan, ga kenal libur, libur ga sesuai hari, dan pastinya kalau yang berhubungan dengan jaringan harus berhubungan dengan server, kalo berhubungan dengan server, maka harus selalu standby jika sewaktu-waktu ada panggilan mendadak dan lo harus sesegera mungkin ke kantor, dan 1 lagi pastinyaa dingiiinnn ruangannya, karna di tempatkan di ruangan server.

Akhirnya gua ketemu jawabannya...

Pas sohib gua bilang gitu, Okeeee, gua pikir satu satu dalam hati. Kalo ga libur sesuai hari sih ga masalah yaaaa.. tapi kalo ada panggilan mendadak gimana ? tempat tinggal gua dicitayem, kantor di deket pasar santa, ga kebayang gua dari situ.

Masa iya gua harus kos ? apa iya biaya kos dan makan di jakarta sebanding dengan gaji gua sebulan ? setelah gua hitung ternyata hasilnya ga sebanding.

1 lagi, ruangannya dingin, gua dari kecil paling ga bisa yang namanya ruangan dingin, bisa bisa idung gua meler mulu, dan bersin-bersin, yang ada baru beberapa hari kerja gua udah sakit, belum gajian gua harus ke dokter buat pengobatan. Hidup itu ternyata keras broohh...

            Mungkin ALLAH belom ijinin gua buat kerja hingga 9 bulan karna itu masalahnya, mungkin emang gua ga boleh jauh sama ortu gua, mungkin kerja di jakarta bukan buat gua, intinya ALLAH masih sayang sama gua...

Singkat cerita ga terasa ternyata selama 10 bulan itu lamanya gua ga ada kerjaan, cuma klontang klantung di rumah ga jelas. Mau main keluar rumah ga punya uang, mau kumpul sama temen-temen malu karna kerjaannya cuma tidur doang.

PEJABAT!! Mungkin pada saat itu memanglah kata yang tepat buat gua, Pengangguran Jawa Barat, dan tepatnya juga gua tinggal di provinsi jawa barat. Sumpah pada saat itu gua sempet frustasi, gileeeee 10 bulan lamanya gua ga kerjaaaa!!! Tapiiii apa mungkin suatu saat nanti beneran jadi PEJABAT dengan makna aslinya ? tetap harus OPTIMIS...

Sungguh 10 Bulan yang amat sangatlah lama buat gua buat menjalani hidup, Terima kasih buat kalian semua yang udah selalu mendukung, selalu memotivasi gua sampe saat ini.

Alhamdulillah pada pertengahan bulan Juli 2016 gua di tawarin sama bokap gua untuk kerja di salah satu instansi pendidikan di kota depok, sebelum gua terima tawaran bokap gua, gua pikir-pikir dulu. Kenapa mikir-mikir dulu ? karna gua mau ngelanjutin story gua dipostingan selanjutnya, biar ga kepanjangan.

Thanks for READ.... ^-^

Wassalamu’alaikum...

Part 1 : Disini
Latest
Previous
Next Post »

Silahkan beri komentar SPAM sobat :))

Jika ada pertanyaan, kritik, saran, dan link Error harap hubungi admin dalam kotak komentar atau Contact Us yang tersedia.

Terima kasih sudah mampir ^^ EmoticonEmoticon